sytem booting

Apakah Anda memiliki masalah booting? Kalau demikian adanya, sepertinya sudah saatnya Anda perlu memikirkan aplikasi alternatif yang mampu menangani semua masalah yang Anda hadapi tersebut.

Dari sekian banyak utilitas yang ada, Parted Magic-lah yang mungkin sangat menonjol dan banyak dipakai untuk menangani berbagai masalah booting. Bagi Anda yang belum cukup familiar, maka tak ada salahnya untuk segera mencoba kehandalannya.

Kebetulan sekali bagi yang ingin mencobanya, pasalnya baru-baru ini telah hadir rilis terbaru dari utilitas tersebut. Memasuki versi 6.0 ini, kabarnya ada beberapa perubahan struktural yang mendasarinya. Salah satu perubahan tersebut adalah sistem booting yang lebih ditingkatkan sehingga bisa bermanfaat untuk menghalau para penyusup yang masuk ke sistem.

“Jika Anda pernah mengalami masalah boot dengan Parted Magic, ini adalah versi yang Anda telah tunggu-tunggu. Cara penanganan kernel telah benar-benar telah selesai ditanggulangi. Inilah alasan kenapa telah dirilis versi terbarunya tersebut”, ungkap Patrick Verner.

“Modul-modul Kernel, udev, dan firmware telah dipindahkan ke initramfs (root filesystem yang embedded di kernel). Menu boot dengan grafis yang bagus yang kita telah gunakan selama bertahun-tahun itu telah dihapus demi satu alasan yang sangat mendasar. Banyak laptop dan notebook tidak dapat memulai menu kompleks tersebut. Sejumlah bug besar dan kecil telah diperbaiki juga”, jelasnya.

Parted Magic akan diperbarui sekitar sebulan sekali. Kali ini perlu waktu sekitar dua bulan. Update-an terakhirnya sendiri adalah dari bulan Februari yang lalu. Hal ini dikarena adanya perubahan arsitektur yang lebih mendalam pada waktu itu.

Dan perlu diketahui bersama, Parted Magic adalah sebuah sistem operasi business-card yang didasarkan pada Slackware Linux, dengan program yang memungkinkan Anda untuk mempartisi hard disk dengan mudah. Program seperti Partition Image, TestDisk, fdisk, sfdisk, dd, ddrescue, dan dokumentasi yang baik akan membantu Anda dalam tugas-tugas partisi Anda. Parted Magic dilisensikan di bawah GNU General Public License (GPL). (Silakan ke http://www.partedmagic.com utk mengunjungi situs resminya)

Berikut fitur-fitur dari Parted Magic 6.0:
· Linux kernel 2.6.38.2;
· Cryptsetup 1.2.0;
· LVM2 2.02.84;
· Nwipe 0.03 – downgraded;
· Util-linux 2.19;
· Udev 165;
· Btrfs-progs 20110327;
· Glibc 2.13
· JFSutils 1.1.15;
· Usbutils 002;
· XFSprogs 3.1.4;
· Squashfs 4.2;
· SimpleBurn 1.6.0.2 – downgraded;
· BusyBox 1.18.4;
· Memtest86 4.20;
· NTFS-3G ntfsprogs 2011.4.12Ss

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: